Skip to main content

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

BARONG & LEAK

·     Karya : Afandi (1980)
·     Fungsi : sebagai hiasan dalam ruangan dan merupakan bagian seni kebudayaan dari Masyarakat Bali, dimana Barong dan Leak adalah filosofi bagaimana bertolak belakangnya antara kebaikan dan kejahatan. Lukisan ini juga sebagai saluran imajinasi pelukis.
·     Media Alat dan Bahan Oil on Canvas. Cat Minyak diatas canvas adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur. Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas normal hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga. Baik pelukis pemula atau pelukis handal, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukis. Alat pendukung lainnya dapat berupa pisau lukis, kain lap, easel, dan bingkai (untuk meletakkan hasil lukisan). 
·     Teknik yang digunakan : teknik plakat. Teknik plakat merupakan teknik melukis dengan menggunakan cat dengan sapuan warna yang tebal sehingga hasil lukisan tampak pekat atau menutupi seluruh medianya.

·   Aliran Naturalisme. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita

· 

BUNGA SAKURA

·     Sumber Karya : devianart.net
·     Fungsi : sebagai hiasan dan memberikan suasana yang berbeda pada ruangan. Selain itu,  saat perang dunia kedua, lukisan bunga sakura juga sebagai penanda badan pesawat tentara Jepang yang akan melakukan misi bunuh diri. Di Jepang bunga sakura sangatlah penting.
·     Media Alat dan Bahan : Pensil di atas kertas.
Secara teknis menggambar dengan media pensil di atas kertas merupakan teknik yang plaing sederhana dan praktis. Media yang dibutuhkan adalah kertas gambar dan pensil dengan variasi intensitas kehitaman. Jenis kertas yang ideal untuk adalah yang tidak licin, tidak mengilat, dan tidak terlalu tipis. Disamping itu, sebaiknya menggunakan kertas yang agak kasar dan bertekstur sehingga kualitas goresan pensil bisa lebih optimal. Alat lain yang dibutuhkan antara lain :  penghapus dan rautan pensil sebagai alat pendukung.  
·     Teknik yang digunakan : teknik arsir. Teknik arsir merupakan teknik dengan cara menyilang atau mensejajarkan garis untuk menentukan gelap terang objek gambar sehingga tampak seperti 3 dimensi. 
·     Aliran Naturalisme. Naturalisme melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita


 KAKAK DAN ADIK



·     Karya : Basuki Abdullah (1971)
·     Fungsi : sebagai hiasan dan memberikan suasana yang berbeda pada ruangan. Lukisan juga sebagai saluran ekspresi yang tak terucapkan. Melalui lukisan ini, Basuki Abdullah ingin mengungkapkan empatinya pada kasih sayang dan kemanusiaan.
·     Media Alat dan Bahan : Oil on Canvas. Cat Minyak diatas canvas adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur. Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas normal hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga. Baik pelukis pemula atau pelukis handal, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukisAlat pendukung lainnya dapat berupa pisau lukis, kain lap, easel, dan bingkai (untuk meletakkan hasil lukisan). 
·     Teknik yang digunakan : teknik melukis cat minyak khususnya teknik impasto. Teknik ini menggunakan cat dengan goresan kuas yang tebal. 
·     Aliran Romantisme. Aliran ini menampilkan tentang suatu hal yang bersifat romance.

Comments

Popular posts from this blog

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA 1. Kesatuan ( Unity ) Prinsip Kesatuan ( Unity ) adalah wadah unsur-unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur-unsur seni rupa saling berhubungan satu sama lain dan tidak berdiri sendiri. Sehingga unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik. Prinsip kesatuan merupakan bahan awal komposisi karya seni. 2.  Keseimbangan ( Balance ) Prinsip keseimbangan berhubungan dengan berat ringan nya suatu karya seni. Karya seni diatur agar mempunyai daya tarik yang sama di setiap sisinya. Prinsip keseimbangan ini memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Balance bisa dibuat secara  formal/simetris  dan dengan  informal/asimetris  serta keseimbangan  radial/memancar . Terdapat 4 jenis keseimbangan, yaitu: Keseimbangan Sentral (Terpusat) Keseimbangan Diagonal Keseimbangan Simetris Keseimbangan Asimetris 3. Irama ( Rythme ) Irama atau  Ryhme  merupakan

Pengertian Tanah dan macam-macam tanah

Pengertian Tanah Tanah Pengertian Tanah adalah suatu bagian atau tempat yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan juga terdiri dari bahan-bahan organik dan anorganik. Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Para ahli Fisika-Kimia dan Geologi mendefinisikan tanah sebagai berikut : Menurut M. Isa Darmawijaya Tanah merupakan akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu. Menurut James “1995” Tanah ialah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem. Menurut Bremmer “1958” Tanah merupakan bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan. Menurut E. Saifudin Sarief “1986” Tanah ialah bend