Skip to main content

VIRUS CORONA

VIRUS CORONA / KORONA

Koronavirus adalah virus dari familia Coronaviridae yang dapat menyebabkan penyakit pada burung dan mamalia (termasuk manusia). Struktur tubuh virus (virion) ini terdiri dari membran, selubung lipid bilayer (envelope), glikoprotein yang menyerupai paku (spike), genom RNA positif, dan protein nukleokapsid. Glikoprotein koronovirus dapat berikatan dengan glikoprotein permukaan sel inang secara spesifik untuk memulai terjadinya infeksi. Koronavirus diklasifikasikan menjadi tiga golongan utama, golongan 1 dan 2 menginfeksi mamalia, mulai dari kelelawar hingga manusia, sedangkan golongan 3 hanya ditemukan pada spesies avian (burung). Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala penyakit yang bervariasi, mulai dari hampir tidak timbul gejala apapun hingga gejala yang fatal dan cepat.

CARA PESEBARAN ATAU PENULARAN

Biasanya melalui hewan peliharan seperti hewan unggas, contoh burung,ayam,bebek dan hewan unggas lain. Bisa juga melalui hewan pengerat, contoh tikus, marmut, kelinci, landak dan hewan pengerat lain, atau hewan karnivora contoh kucing, anjing, beruang, singa,kadal, musang dan hewan karnivora lainnya yang dipelihara oleh manusia, atau bisa juga hewan herbivora contoh sapi, kambing, kuda dan hewan herbivora lain atau bisa juga oleh hewan nyamuk, lalat, dan kelelawar.

Kotoran hewan yang menumpuk atau mungkin bekas darah potong hewan bisa juga makanan hewan yang menumpuk dikandang,tidak dibersihkan malah di tumpuk dengan yang baru, bisa juga lumpur yang tidak dibersihkan, mungkin memicu pertumbuhan bakteri ini.

Mungkin bisa juga alam yang sudah terpapar virus ini, seperti tumbuhan, sungai, danau, tanah dan air tanah dan laut yang tercemar oleh hewan unggas,hewan laut, dan lainnya. Mulai dari kotoran hewan atau hewan yang terjangkit virus ini. Jika memang mungkin faktor hewan penyebanya maka sekitar pun ikut terkontaminasi virus berbahaya ini.

Pesebaran melalui alam amat sangat kecil jika terjadi hujan, namun bila hujan asam dan terdapat polusi bukan tidak mungkin air hujan itu juga tercemar virus yang dibawa dari hewan yang terkena.


Jika manusia ke manusia berarti sudah fatal, karena terus berevolusi dan menyebar ke manusia lain.

CARA PENULARAN

Pada hewan mungkin virus ini, seperti virus flu, dan menulari ke manusia dan manusia menjadi sakit flu yang berkepanjang biasa diawali badan panas tinggi, bisa juga menggigil atau kejang dengan kasus parah. Flu yang sudah terkena firus corona amat sulit dibedakan. Karena masih diteliti oleh dokter, namun virus ini lebih cepat berkembang di tubuh dalam hitungan jam.

GEJALA

1. Batuk
2. Suhu badan meninggi
3. Flu
4. Tidak seimbangnya badan
5. Berat badan menurun
6. Batuk disertai flu
7. Sakit dibagian kepala
8. Sesak napas
9. Pingsan
10. Menggigil
11. Kejang
12. Sesak napas akut
13. Asam lambung cepat naik




PENCEGAHAN



Sampai saat ini belum ditemukan vaksin. Jika di temukan hewan yang sakit, Hindari kontak kepada hewan peliharaan terutama hewan yang terlihat lesu dan kurang bersemangat. Atau hewan Yang sedang flu, bawa dan periksa ke dokter hewan. Cuci tangan sebelum dan setelah memegang hewan.

Jangan makan-makanan mentah atau hewan yang terkena virus ini, beli hewan hidup yang terlihat layak untuk dikonsumsi. Jangan makan babi, kelelawar,anak tikus,ular, buaya dan hewan hewan yang diyakini sebagai obat. Obat hanya ditemukan melalui uji laboratorium,atau tumbuhan obat.

Mungkin manusia harus berhati-hati menggunakan fasilitas umum, dan bertemu manusia yang sedang terjangkit. Hindari manusia yang Terjangkit karena dengan mudah mewabah ke manusia lainnya.

Virus ini mirip flu babi namun masih bisa di temukan vaksinnya. Sekarang virus ini menguat sehingga belum ada penelitian lebih lanjut, dari mana awal mula berasal.

Jagalah kebersihan lingkungan maka lingkungan juga menjaga berbagai penyakit, namun jika memang limgkungan tercemar lebih baik kita mengusi kedaerah lebih jauh.

Jika menukan artikel terbaru tentang virus corona akan saya perbaiki

Mohon maaf hanya ini yg bisa disampaikan.


Comments

Popular posts from this blog

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI BARONG & LEAK ·       Karya : Afandi (1980) ·       Fungsi  : sebagai hiasan dalam ruangan dan merupakan  bagian seni kebudayaan dari Masyarakat Bali, dimana Barong dan Leak adalah filosofi bagaimana bertolak belakangnya antara kebaikan dan kejahatan. Lukisan ini juga sebagai saluran imajinasi pelukis. ·       Media Alat dan Bahan  :  Oil on Canvas .  Cat Minyak diatas canvas adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur. Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas normal hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga. Baik pelukis pemula atau pelukis handal, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukis. Alat pendukung lainnya dapat berupa pisau lukis, kain lap, easel, d

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA 1. Kesatuan ( Unity ) Prinsip Kesatuan ( Unity ) adalah wadah unsur-unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur-unsur seni rupa saling berhubungan satu sama lain dan tidak berdiri sendiri. Sehingga unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik. Prinsip kesatuan merupakan bahan awal komposisi karya seni. 2.  Keseimbangan ( Balance ) Prinsip keseimbangan berhubungan dengan berat ringan nya suatu karya seni. Karya seni diatur agar mempunyai daya tarik yang sama di setiap sisinya. Prinsip keseimbangan ini memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Balance bisa dibuat secara  formal/simetris  dan dengan  informal/asimetris  serta keseimbangan  radial/memancar . Terdapat 4 jenis keseimbangan, yaitu: Keseimbangan Sentral (Terpusat) Keseimbangan Diagonal Keseimbangan Simetris Keseimbangan Asimetris 3. Irama ( Rythme ) Irama atau  Ryhme  merupakan

Pengertian Tanah dan macam-macam tanah

Pengertian Tanah Tanah Pengertian Tanah adalah suatu bagian atau tempat yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan juga terdiri dari bahan-bahan organik dan anorganik. Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Para ahli Fisika-Kimia dan Geologi mendefinisikan tanah sebagai berikut : Menurut M. Isa Darmawijaya Tanah merupakan akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu. Menurut James “1995” Tanah ialah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem. Menurut Bremmer “1958” Tanah merupakan bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan. Menurut E. Saifudin Sarief “1986” Tanah ialah bend