Skip to main content

PERBEDAAN ILMU, PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

PERBEDAAN ILMU, PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

1. ILMU
Kata ilmu jika dilihat dari segi bahasa, ilmu berasal dari bahasa arab yaitu al-ilmu, atau dari bahasa Yunani yaitu logos, yang berarti pengetahuan.

Orang-orang yang mempelajari bahasa Arab mengalami sedikit kebingungan tatkala menghadapi kata “ilmu”. Dalam bahasa Arab kata ” Al-ilm” berarti pengetahuan (knowledge). Sedangkan kata ilmu dalam bahasa indonesia biasanya merupakan terjemahan dari science. Ilmu dalam arti science itu hanya sebagian dari Al-ilm dalam bahasa Arab. Maksudnya agar orang yang mengerti bahasa Arab tidak bingung membedakan kata ilmu (science) dengan kata ilmu (knowledge).[1]
Ilmu pada dasarnya adalah pengetahuan tentang sesuatu hal atau fenomena, baik yang menyangkut alam atau sosial (kehidupan masyarakat), yang diperoleh manusia melalui proses berfikir. Itu artinya bahwa setiap ilmu merupakan pengetahun tentang sesuatu yang menjadi objek kajian dari ilmu terkait.
Definisi ilmu bergantung pada cara kerja indra masing-masing individu dalam menyerap pengetahuan dan juga cara berfikir setiap individu dalam memproses pengetahuan yang di perolehnya. Selain itu juga, dalam definisi ilmu bisa berlandaskan aktifitas yang dilakukan ilmu itu sendiri. Kita dapat melihat hal itu melalai metode yang digunakan.

2. PENGETAHUAN
Pengetahuan adalah segala sesuatu yang datang sebagai hasil dari aktifitas panca indra untuk mengetahui, yaitu terungkapnya suatu kenyataan dalam jiwa sehingga tidak ada keraguan terhadanya. Sedangkan, ilmu menghendaki lebih jauh, luas dan dalam dari pengetahuan.
Berpikir pada dasarnya merupakan proses yang membuahkan pengetahuan. Proses ini merupakan serangkaian gerak pemikiran dalam mengikuti jalan pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan yang berupa pengetahuan. Gerak pemikiran ini dalam kegiatannya mempergunakan lambang yang merupakan abstraksi dari obyek yang sedang kita pikirkan. Salah satu lambangnya yaitu dengan bahasa, maksudnya dengan bahasa obyek-obyek kehidupan yang konkret dapat dinyatakan dengan kata-kata.

3. TEKNOLOGI
Teknologi merupakan bagian dari himpunan informasi yang termasuk dalampengetahuan ilmiah yang berisikan informasi preskriptif mengenai penciptaan sistem-sistem dan pengoperasian sistem-sistem ciptaan tersebut. Pengertian yang dirumuskan ini tidak membatasi bahwa sistem yang dimaksud hanyalah sistemsistem fisik (physical systems).
Teknologi merupakan ilmu terapan yang dikembangkan dan meliputi perangkat keras dan perangkat lunak. Misalnya: alat elektronika.
Karakteristik teknologi:
a.Pada hakekatnya, teknologi merupakan hasil aktifitas manusia. Manusia berusaha mengembangkan teknologi, menggunakan hasilnya, baik secara langsung atau tidak langsung.
b.Teknologi sebagai objek materi bisa menghasilkan objek kejiwaan dalam kepuasan hidup manusia.
 c.Teknologi membantu dan mengontrol kehidupan manusia dengan lingkungannya.
Jadi dalam science (ilmu) manusia berusaha memahami lingkungannya, dan dalam teknologi manusia mengontrolnya.



Ilmu dan Pengetahuan Menurut Para Ahli
Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan
Menurut Moh Hatta dijelaskan bahwa ilmu merupakan pengetahuan tentang hukum kausal. Dimana pengetahuan tersebut diatur terhadap golongan masalahnya.

Menurut The Liang Gie mengatakan bahwa ilmu juga pengetahuan yang teratur mengenai pembahasan tentang suatu sasaran tertentu. Ilmu memusatkan perhatian pada suatu masalah atau golongan yang pada akhirnya terdapat sasaran untuk memperoleh keterangan terkait kebenaran.

Sedangkan pengetahuan yang dikemukakan oleh Notoatmodjo merupakan hasil dari proses mengetahui tentang apa yang didapat atau dipelajari dari objek tertentu. Namun menurut John Dewey berpendapat bahwa pengetahuan adalah pandangan instrumental pragmatis seseorang yang berkembang.


lmu dan Pengetahuan Menurut Bahasa


Ilmu menurut bahasa Arab berarti ilmu yang artinya mengetahui atau memahami. Sedangkan menurut bahasa latin berarti science atau sains yang berarti mengetahui. Disini berarti ilmu merupakan proses dalam pengumpulan suatu kondisi yang dipelajari dengan cara serta prosedur tertentu. Dari situ dihasilkan pengetahuan ilmiah serta analisis terhadap sesuatu.

Perbedaannya ilmu dengan pengetahuan menurut bahasa Indonesia yakni bahwa pengetahuan merupakan informasi atau segala sesuatu yang diketahui oleh seseorang. Pengetahuan lebih ditekankan pada hasil seseorang dalam mengetahui sesuatu. Dimana pengetahuan tersebut hanya sebatas untuk mengetahui  segala sesuatu secara sadar atas keinginan sendiri.


Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan
Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Segala sesuatu yang ada di muka bumi ini tidak lepas dari pengaruh ilmu dan pengetahuan. Ilmu dan pengetahuan adalah dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Namun keduanya adalah hal yang berbeda. Secara umum ilmu disebut sebagai pemahaman seseorang tentang pengetahuan yang dimiliki. Sedangkan pengetahuan adalah kemampuan menghasilkan teori tentang ilmu yang dimiliki. Berikut perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu dipahami :

1. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan Menurut Sifatnya
Ilmu bersifat umum dan menyeluruh sedangkan pengetahuan lebih bersifat personal. Oleh karena itu, ilmu merupakan pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa saja dan dapat dikaji lebih lanjut. Lain halnya dengan pengetahuan yang bersifat personal, yakni bahwa pengetahuan merupakan milik seseorang atau sekelompok orang. Dimana pengetahuan yang diperoleh adalah hasil usaha seseorang secara sadar atas pemahamannya terhadap ilmu yang diperoleh.

Selain bersifat umum dan personal,  ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan sifat lainnya. Dimana ilmu lebih bersifat kongkrit yang berarti dapat diamati dan dipelajari serta diajarkan. Sedangkan pengetahuan belum teruji kebenarannya sehingga hanya digunakan oleh pribadi atau sekelompok tertentu saja.

2. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Informasi yang Diolah
Secara informasi yang didapat ilmu dan pengetahuan memiliki perbedaan pada pengolahan informasi tersebut. Ilmu lebih kepada pengolahan informasi atau segala sesuatu menggunakan teori, cara, dan, metode ilmiah tertentu. Sedangkan pengetahuan hanya mengetahui sebuah informasi atau segala sesuatu secara terbatas. Dalam hal ini berarti ilmu masih mengolah lebih lanjut informasi lebih lanjut sedangkan pengetahuan hanya sekedar menerima informasi saja.

Dari sini dapat diketahui bahwa pengetahuan hanya sekedar tahu terhadap informasi bahkan tanpa mengolahnya terlebih dahulu. Tidak sama halnya dengan ilmu yang masih harus mengolah sebuah informasi untuk mengetahui kebenarannya terlebih dahulu.

3. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Cara Mengkaji Sesuatu
Ilmu akan mempelajari dana mengkaji lebih lanjut terhadap segala sesuatu yang terjadi. Pengkajian tersebut terkait dengan metode ilmiah yang akan digunakan. Metode tersebut harus sesuai dengan apa yang akan dikaji dengan tujuan untuk mendapatkan kebenaran sehingga dapat dihasilkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan tersebut yang nantinya akan dipelajari oleh siapa saja dan menjadi sebuah pengetahuan oleh masing-masing orang.

Sedangkan pengetahuan adalah proses seseorang dalam mengkaji informasi atau ilmu yang didapat hanya terbatas dengan teori tertentu saja. Dengan kata lain, pengetahuan memiliki objek yang terbatas dibandingkan dengan ilmu terkait pengkajian terhadap segala sesuatu.

4. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Proses Mendapatkannya
Perbedaan ilmu dan pengetahuan tentu saja dari proses mendapatkannya. Ilmu diperoleh dari hasil pengkajian mengenai sebab akibat tentang apa saja yang ingin diketahui. Memperoleh ilmu tentu saja harus dengan proses lebih lanjut dengan beragam teori ilmiah yang digunakan.

Sedangkan pengetahuan diperoleh seseorang atas dasar rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Dalam hal ini pengetahuan tidak datang begitu saja melainkan didasari oleh keinginan seseorang dalam mengetahui segala sesuatu.

Ilmu didapat dengan beragam tahap yang harus dilewati hingga menghasilkan kebenaran dari apa yang dipelajari. Namun, pengetahuan hanya sekedar ingin tahu terhadap apa yang ingin diketahui tanpa proses tertentu.

5. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Ruang Lingkupnya
Perbedaan ilmu dan pengetahuan yang selanjutnya adalah dari ruang lingkupnya. Meskipun serupa tetapi keduanya memiliki ruang lingkup yang berbeda. Ruang lingkup ilmu mencakup berbagai aspek mulai dari ilmu tentang alam, ilmu sosial, berbagai cabang ilmu lainnya. Sedangkan pengetahuan lingkupnya juga lebih luas lagi karena dari pengetahuan dapat mempelajari ilmu dari berbagai ruang lingkup ilmu.

Pengetahuan dikatakan tidak terbatas oleh ruang dan waktu karena siapa saja dapat memperoleh pengetahuan tentang apa saja yang dipelajari.  Selain itu, pengetahuan juga mencakup berbagai pengkajian tentang segala sesuatu yang ada di muka bumi dan alam semesta.

6. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Tugasnya Dalam Menyampaikan Sesuatu
Ilmu dan pengetahuan memiliki perannya masing-masing dalam menyampaikan informasi. Dalam ilmu segala sesuatu perlu dikaji sehingga menghasilkan informasi secara logis dan empiris terkait apa yang sedang dipelajari. Dari sini akan dilakukan proses pengajuan hingga memperoleh kebenaran informasi yang bisa disampaikan. Sedangkan pengetahuan menjawab terkait hal tersebut yang nantinya memperoleh apa yang ingin diketahui.

Secara garis besar ilmu bertugas menguji atau mengkaji segala sesuatu yang bertujuan untuk memperoleh informasi yang akan disampaikan. Informasi tersebut menjadi sebuah pengetahuan yang dapat dipelajari oleh siapa saja karena telah diuji dan diketahui kebenarannya.

7. Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan dari Sumbernya
Ilmu identik dengan metode ilmiah, penelitian, pengkajian, dan sebagainya. Oleh karena itu, berbagai metode ini muncul juga berdasarkan sumber yang didapat. Ilmu bersumber dari segala sesuatu yang terjadi di muka bumi terkait berbagai permasalahan yang terjadi. Berbagai permasalahan tersebut perlu ditangani untuk diketahui kebenarannya sehingga menjadi pengetahuan yang bisa dipelajari.

Sedangkan pengetahuan diperoleh dari apa saja yang dipelajari berdasarkan intuisi. Pengetahuan tidak muncul begitu saja melainkan berdasarkan tindakan seseorang untuk memenuhi rasa ingin tahunya.

Itulah perbedaan ilmu dan pengetahuan yang perlu dipahami. Intinya adalah bahwa ilmu merupakan serangkaian proses untuk mengkaji setiap kejadian sehingga menjadi satu kesatuan ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari.

Comments

Popular posts from this blog

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI BARONG & LEAK ·       Karya : Afandi (1980) ·       Fungsi  : sebagai hiasan dalam ruangan dan merupakan  bagian seni kebudayaan dari Masyarakat Bali, dimana Barong dan Leak adalah filosofi bagaimana bertolak belakangnya antara kebaikan dan kejahatan. Lukisan ini juga sebagai saluran imajinasi pelukis. ·       Media Alat dan Bahan  :  Oil on Canvas .  Cat Minyak diatas canvas adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur. Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas normal hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga. Baik pelukis pemula atau pelukis handal, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukis. Alat pendukung lainnya dapat berupa pisau lukis, kain lap, easel, d

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA 1. Kesatuan ( Unity ) Prinsip Kesatuan ( Unity ) adalah wadah unsur-unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur-unsur seni rupa saling berhubungan satu sama lain dan tidak berdiri sendiri. Sehingga unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik. Prinsip kesatuan merupakan bahan awal komposisi karya seni. 2.  Keseimbangan ( Balance ) Prinsip keseimbangan berhubungan dengan berat ringan nya suatu karya seni. Karya seni diatur agar mempunyai daya tarik yang sama di setiap sisinya. Prinsip keseimbangan ini memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Balance bisa dibuat secara  formal/simetris  dan dengan  informal/asimetris  serta keseimbangan  radial/memancar . Terdapat 4 jenis keseimbangan, yaitu: Keseimbangan Sentral (Terpusat) Keseimbangan Diagonal Keseimbangan Simetris Keseimbangan Asimetris 3. Irama ( Rythme ) Irama atau  Ryhme  merupakan

Pengertian Tanah dan macam-macam tanah

Pengertian Tanah Tanah Pengertian Tanah adalah suatu bagian atau tempat yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan juga terdiri dari bahan-bahan organik dan anorganik. Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Para ahli Fisika-Kimia dan Geologi mendefinisikan tanah sebagai berikut : Menurut M. Isa Darmawijaya Tanah merupakan akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu. Menurut James “1995” Tanah ialah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem. Menurut Bremmer “1958” Tanah merupakan bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan. Menurut E. Saifudin Sarief “1986” Tanah ialah bend