BEBERAPA TEKNOLOGI DALAM OLAH RAGA
Skor Terkomputerisasi (Bowling)

Bagi penggemar bowling tentu sudah akrab dengan papan skor setiap kali melakukan pertandingan. Tapi pernahkah Anda membayangkan saat bermain bowling semua hitungan dalam olahraga ini harus dilakukan secara manual?
Bersyukurlah ada skor yang sudah terkomputerisasi. Karena Anda mungkin bisa berhenti dari olahraga ini saat menemukan kesulitan menghitung skor secara manual.
Menghitung skor pada bowling tidaklah mudah, maka digunakanlah komputer yang dapat membantu penghitungan skor dengan akurasi 100 persen.
Seperti halnya seorang akuntan dengan hitung-hitungannya sangat terbantu dengan komputerisasi, demikian pula pada bowling.
Dengan menggunakan skor terkomputerisasi, Anda bisa fokus untuk menggelindingkan bola ke arah pin bowling.
Pistol Radar (Bisbol)

Pistol radar juga menjadi inovasi teknologi dalam olahraga yang cukup fenomenal. Alat ini menjadi penunjang dalam olahraga bisbol. Sebuah alat yang mampu merekam catatan kecepatan bola hasil pukulan pemain.
Bagi para pemukul, pistol radar ini memang lebih sering digunakan untuk menguji kecepatan pukulan mereka saat lemparan pertama dan mengukur kecepatan ayunan pukulan.
Setiap kecepatan dalam lemparan kemudian didokumentasikan dan dianalisis oleh tim pelempar dan pihak lawan.
Pistol radar juga memungkinkan para pitcher (pelempar) dan timnya untuk menganalisis perkembangan lemparan dan kecepatan lemparan yang telah dilakukan.
Penunjuk Waktu Multiwajah (Bola Basket)

Ada satu masa saat papan penunjuk waktu dan skor di bola basket diletakkan di sudut lapangan. Hal ini menjadi masalah ketika papan tidak terlihat karena tertutup oleh para pemain.
Kemudian papan penunjuk waktu dikembangkan dengan meletakkannya di atas ring. Namun hal ini juga menimbulkan masalah pada saat pemain berada pada posisi tembakan tiga angka, tidak ada yang dapat mengetahui waktu yang tersisa karena papan menghadap ke satu arah saja.
Kini, papan penunjuk waktu yang digunakan dibuat dalam bentuk empat atau lima permukaan/wajah. Sehingga waktu yang tersisa untuk mencetak skor dapat dilihat dari semua arah oleh pemain, juri, wasit, maupun penonton.
Kamera di Atas Lapangan (Hoki Es)

Kamera di atas lapangan hoki es mungkin terlihat biasa, namun pemakaiannya membawa perubahan besar pada olahraga ini.
Karena kamera ini bisa membantu ketika terjadi keraguan untuk menentukan gol atau tidak ke dalam gawang.
Menempatkan kamera tepat di atas gawang pada pertandingan hoki dimaksudkan untuk melihat gol, terutama saat detik-detik akhir pertandingan.
Kerumunan pemain hoki es di depan gawang dapat menyulitkan mata manual untuk melihat gol secara jelas.
Di sinilah peran kamera yang ditempatkan tepat diatas gawang. Rekaman hasil pantauan kamera dapat diperbesar dan melihat dapat lebih spesifik, sehingga keputusan gol atau tidak bisa lebih akurat.
Foto Garis Finis (Atletik dan Pacuan Kuda)

Foto garis finis menjadi andalan pada pacuan kuda, lintasan lari, serta beberapa olahraga lapangan.
Pencatat waktu elektronik memang membantu untuk menentukan siapa yang tercepat. Terutama ketika harus memutuskan pemenang dari dua peserta dengan selisih waktu atau jarak yang sangat tipis.
Tim juri akan menggunakan hasil foto garis finis yang mampu merekam 3.000 gambar per detik untuk membantu penentuan pemenang.
Inilah mengapa pada beberapa pertandingan lari atau pacuan kuda beberapa peserta terlihat bersamaan memasuki garis finis namun hanya satu yang keluar sebagai pemenang.
Inovasi teknologi dalam olahraga ini terus berkembang dan digunakan dalam berbagai macam lomba seperti renang, lari jarak pendek, dan terutama lomba pacuan kuda yang memerlukan keakuratan gambar.
Televisi (Golf)

Harus diakui jika tabung kotak yang mengeluarkan suara dan gambar, yang Anda kenal sebagai televisi telah memberikan efek yang sangat besar dalam sejarah olahraga.
Termasuk juga memengaruhi olahraga golf. Televisi membantu golf lebih dikenal oleh masyarakat.
Golf adalah olah raga yang memerlukan konsentrasi tinggi, waktu yang lama, dan lebih banyak dilakukan kalangan atas. Karenanya, ketika televisi mulai menayangkan golf, olahraga ini menjadi lebih dikenal.
Headset (American Football)

Headset adalah teknologi terbaik yang ditawarkan bagi olahraga American Football. Terlepas dari pelatih menggunakannya untuk berkomunikasi atau membantingnya saat kesal karena timnya kalah dalam pertandingan.
Dalam pertandingan profesional, helm untuk penyerang, pemain belakang, dan koordinator lapangan dilengkapi dengan speaker yang terhubung langsung dengan headset pelatih.
Fungsinya adalah untuk menerima arahan langsung dari pelatih dan mengurangi suara-suara yang dapat mengganggu konsentrasi.
Penggunaan headset ini sangat membantu pelatih untuk memberikan arahan bagi para pemain garis depan dan penyerang.
Termasuk, menyusun formasi tim serta kemungkinan peluang mengambil nilai yang tidak dapat terlihat oleh pemain belakang.
Cyclops dan Hawkeye Tracking System (Tenis)

Dua alat pemantau bola yang terhubung dengan komputer ini telah mengubah olahraga tenis profesional menjadi lebih akurat dan menghilangkan argumentasi dalam pengambilan keputusan poin.
Cyclops merupakan sistem komputerisasi yang menggunakan enam baris lampu infra merah yang melingkupi sampai sekitar satu sentimeter dari permukaan lapangan.
Jika bola jatuh di dalam lapangan, barisan lampu di luar lapangan akan otomatis padam. Jika bola jatuh di luar lapangan, akan terdengar suara out dan pertandingan dihentikan.
Sementara hawkeye atau mata elang, punya cara kerja yang terbilang lebih rumit. Sistem ini menggunakan beberapa kamera di beberapa sudut lapangan yang memantau pergerakan bola.
Kamera kemudian mengkalkulasikan posisi jatuhnya bola dalam bentuk 3 dimensi dan menampilkannya pada layar. Sehingga akan terlihat lebih akurat di mana posisi bola jatuh di atas lapangan.
Teknologi Garis Gawang (Sepak bola)

Sepak bola mungkin jauh tertinggal dari olahraga lainnya yang telah menggunakan teknologi garis gawang. NHL sebagai organisasi hoki di Amerika Serikat adalah yang pertama kali menggunakannya pada 1993.
Teknologi garis gawang adalah teknologi dengan sistem menggunakan kamera yang diletakkan di sisi gawang.
Hasil rekaman kamera ini dapat diulang untuk memutuskan apakah bola telah melewati garis gawang atau belum. Dan bisa menghindari argumentasi yang tidak perlu.
Meski demikian, inovasi teknologi dalam olahraga butuh waktu hampir satu dekade untuk digunakan oleh FIFA sebagai otoritas sepakbola dunia. FIFA baru memperkenalkan teknologi ini di ajang Piala Dunia Antarklub 2012 di Jepang.
Baju Renang LZR (Renang)

Terbuat dari campuran bahan spandek, nilon, dan poliester, penampilan para perenang menggunakan baju renang LZR menarik perhatian seluruh peserta Olimpiade Beijing tahun 2008.
Dan tidak diragukan lagi, 98 persen dari perenang peraih medali saat itu menggunakan baju renang LZR ini. Sepanjang kompetisi tahun 2008, LZR telah membantu para perenang memecahkan 97 rekor dunia.
Sayangnya kemudian LZR menghadapi ketidakadilan. Entah atas alasan apa, FINA – lembaga renang dunia, pada Juli 2009 mengumumkan bahwa LZR dilarang untuk digunakan dalam kompetisi.
Setidaknya, pengalaman menggunakan baju renang LZR adalah pengalaman yang tidak terlupakan terutama bagi para perenang dunia di tahun itu.
Martin Jetpack

Alat ini merupakan hasil pengembangan eksperimen dari pesawat udara dan termasuk dalam kategori peralatan VTOL ( Vertical Take-Off and Landing ), bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu lepas landas dan mendarat secara vertikal.
Alat ini digerakkan dengan mesin piston V4 yang berkapasitas 2 liter dan dapat menghasilkan 200 tenaga kuda. Selain itu Martin Jetpack sudah didukung oleh 2 propeler yang berbentuk silinder ( Ducted Fans ). Kecepatannya dapat mencapai 100 KM / jam dan dapat melayang sampai ketinggian 2400 Meter di udara, dengan bahan bakar yang diisi penuh sampai 19 liter dapat menempuh jarak 50 KM. Cara penggunaannya pun hanya dengan menggunakan tuas kontrol yang sudah dilengkapi dengan monitor data aktifitas sistem.
Jetovator

Jetovator dapat dikendalikan dengan mudah jika dibandingkan dengan hydro jet pack lainnya karena dalam mengendarainya tidak perlu pelatihan khusus. Kendaraan ini memiliki selang sepanjang 15,2 meter yang digunakan untuk menghisap air, kemudian disemburkan oleh propeller. Kendaraan ini mempunyai tiga alat pendorong yang berfungsi untuk menyeimbangkan agar berjalan lebih stabil.
Jetovator hanya dapat digunakan di atas permukaan air, jadi alat ini dipastikan akan lebih aman daripada jet pack lainnya. disamping itu, alat ini sudah dilengkapi oleh Suspension Landing Gear yang dapat digunakan untuk lepas landas dan mendarat di sebuah dermaga atau dalam geladak kapal. Jetovator tidak masuk dalam kategori alat trasportasi, karena alat ini diciptakan sebagai alat rekreasi sambil berolahraga.
Jetsurf

Kendaraan ini sudah dilengkapi oleh mesin 1000cc, dan papannya terbuat dari bahan serat karbon, serta dua alat jet air miniatur yang ditempelkan tepat dibelakangnya. Cara penggunaannya dengan berdiri dan dikendalikan oleh berat badan yang mengemudikannya. Jetsurf sudah diproduksi dalam tiga jenis, yaitu Rookie, Ultra Sport dan Pabrik GP 100. Dari ketiga jenis tersebut kecepatannya berbeda-beda. Yang pertama yaitu jenis Rookie mempunyai kecepatan sampai 30 Mph ( 48 Km / Jam ), kendaraan ini diperutukkan bagi yang baru belajar menggunakan jetsurf. Jenis yang kedua yaitu Ultra Sport mempunyai kecepatan sampai 32 Mph ( 51 Km / Jam ), dan yang terakhir adalah jenis Pabrik GP 100 mempunyai kecepatan sampai 35 Mph ( 56 Km / Jam ), Jetsurf jenis ini diperuntukkan khusus untuk para pengguna yang sudah mahir dalam mengendarainya dan sering digunakan untuk balapan.
Quadski

Kecepatan kendaraan ini bisa sampai 70 Km / Jam dan bisa dikemudikan di air atau pun darat. Mesin Quadski diproduksi oleh BMW dan dapat difungsikan untuk memutarkan empat roda dan baling-balingnya. Kendaraan ini dapat digunakan dalam kegiatan yang cukup berat sekalipun karena quadski sudah dilengkapi oleh mesin 4 silinder yang berkapasitas 1300cc dan 16 katub DOHC, serta dibekali juga dengan mesin jetski standar. Kelebihan kendaraan ini yaitu, hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk merubah mode darat ke air. Pada saat Quadski dikendarakan di daerah daratan, roda belakangnya akan bergerak dengan sigap secara otomatis, begitupun apabila kendaraan ini menyentuh air, otomatis mesin jetski langsung menyesuaikan ke mode air, dan dapat menjelajahi wilayah perairan tersebut.
Zero Runner

Alat ini diciptakan untuk orang yang ingin lari didalam ruangan. Bentuk Zero Runner sangat fleksibel dan akan menjadikan kegiatan lari menjadi lebih cepat. Apabila gerakan dipercepat, otomatis akan memperkuat otot kaki. Kelebihan lainnya, yaitu dapat menghitung kecepatan, detak jantung dan jarak lari yang ditempuh.
Visiobike

Visiobike masuk kedalam kategori sepeda yang dieksperimen oleh Marko Matenda, beliau adalah seorang pencinta sepeda. Sepeda ini dibuat dengan frame serat karbon, sama seperti sepeda elektrik yang lain, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan motor yang berjenis MDF Drive 5.1, dan ditenagai oleh baterai lithium ion 14,5 MAh yang dibuat oleh panasonic. Visiobike dilengkapi dengan sistem drivetrain hybrid yang bernama pedelec. Keunggulan sepeda ini dibandingkan dengan sepeda elektik lainnya yaitu, pedelec bisa membuat tenaga dorong yang dihasilkan lebih besar, pada saat mengendarai di daerah tanjakan. Teknologi tersebut dapat menghitung dan menyesuaikan kecepatan dan torsi menjadi lebih baik sesuai kemampuan pemakainya. Tidak hanya itu, Visiobike sudah dilengkapi peralatan seperti motor elektrik, kamera, baterai, sistem transmisi otomatis, chip GPS dan GSM yang dapat terkoneksi ke chipset in-house. Disamping itu, app smarphone dapat digunakan untuk mengontrol dan mengakses semua informasi penting dari sambungan via Bluetooth
Jam Referee Third Eye

Walaupun alat ini belum digunakan secara resmi dalam pertandingan sepakbola, tetapi seorang desainer handal bernama Andy Kurovert membuat jam khusus untuk wasit sepakbola. Kelebihan alat ini yaitu dilengkapi dengan fitur bluetooth yang berfungsi untuk mengirim sinyal kepada asisten wasit apabila telah terjadi offside, pelanggaran, ataupun telah terjadi penalti. Selain itu, wasit yang memimpin pertadingan dapat melihat kejadiaan di layar jam. Apabila terjadi pelanggaran, lampu akan menyala berwarna merah, jika tidak terjadi pelanggaran lampu akan menyala berwarna hijau. Dan apabila lampu menyala berwarna kuning berarti ada kerusakkan pada alat tersebut. Karena tidak ada yang berwarna kuning.
Goal Line Technology (GLT)

Satu lagi teknologi canggih yang dapat diterapkan dalam pertandingan sepak bola, yaitu Goal Line Technology (GLT). GLT adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan bola gol dengan cara mengetahui kondisi bola apakah sudah melewati garis gawang atau tidak.
GLT ini, alat yang dibutuhkan oleh wasit untuk mengesahkan bola gol atau tidak sehingga human error dapat dihindarkan. GLT ini dilengkapi dengan cara memasang kamera pengawas di berbagai sudut stadion yang diarahkan ke gawang. Cara kerjanya jika bola telah melewati garis gawang akan tertangkap sensor yang kemudian dikirimkan ke wasit.
Global Positioning System (GPS)

Tentunya Anda tidak asing dengan kata GPS, betul sekali aplikasi GPS marak diterapkan di smartphone kesayangan Anda karena GPS sangat membantu tokominiregal.blogspot.commenemukan lokasi tujuan yang akan kita kunjungi. Namun, berbeda halnya dengan GPS yang satu ini, GPS ini diterapkan dalam olahraga Kano dan Dayung.
Olahraga Kano dan Perahu Dayung telah menerapkan Global Positioning System (GPS) sejak di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016. Dengan alat tersebut, memudahkan juri mengetahui posisi Kano dan Perahu Dayung secara pasti. Selain itu, GPS dapat dihubungkan dengan layar besar pada saat pertandingan berlangsung sehingga penonton dapat mengetahui posisi tim Kano dan Perahu Dayung favoritnya.
Sejak GPS ini diuji coba, alat ini mendapat pujian dari para atlet Kano dan Perahu Dayung, karena mereka dapat mengetahui kecepatan tim lawan sehingga dapat melakukan evaluasi untuk perbaikan pertandingan selanjutnya.
Bola Ctrus

Kelebihan bola ini dari bola biasa adalah dapat mengirim sinyal ke wasit melalui perangkat khusus yang digunakan wasit apabila telah terjadi gol. Karena bola ini dilengkapi dengan kamera didalamnya. Tetapi FIFA telah menolak menggunakkan Bola Ctrus ini karena dapat membuat pertandingan sepakbola jadi tidak seru dan merusak keindahan olahraga tersebut.
Sensor Program Skor Otomatis Olahraga Panahan

Program skor otomatis untuk olahraga panahan ini memang sangat membantu wasit, ofisial olahraga panahan dan atlet panahan itu sendiri karena sebelumnya skor panahan ditentukan secara manual bukan otomatis seperti saat ini.
Program skor otomatis ini menggunakan papan skor elektronik tokominiregal.blogspot.comyang sebelumnya menggunakan kertas. Cara kerja program skor otomatis ini menggunakan sensor sebagai alat untuk mendeteksi anak panah yang tertancap di papan target. Dengan cara tersebut pemberian skor untuk olahraga panahan menjadi lebih akurat dan lebih cepat daripada sebelumnya.
Program skor otomatis menghasilkan skor yang akurat dan meminimalisir human errors. Perihal keakuratan skor yang dihasilkan program ini, tidak perlu dipertanyakan lagi karena tingkat akurasinya dapat dideteksi pada jarak 0,2 mm antara anak panah dengan papan target
Teknologi Laser dan Radio Frequency Identification (RFID) di Olahraga Tembak

teknologi laser dan Radio Frequency Identification (RFID).Teknologi laser dan RFID merupakan kecanggihan teknologi yang dapat digunakan untuk menentukan skor di olahraga tembak. Sebenarnya, cara kerja sistem skor di olahraga tembak ini sama dengan olahraga panahan, yaitu menggunakan papan target untuk menilainya. Namun, ada perbedaan jika di olahraga panahan menggunakan sensor di olahraga tembak menggunakan teknologi laser untuk scoring system-nya.
Kamera Dolly untuk Olahraga Angkat Besi

Cabang olahraga angkat besi ini termasuk cabang olahraga yang dinilai paling dramatik karena setiap momen dalam pertandingan angkat besi tidak boleh terlewatkan. Oleh karenanya, olahraga ini membutuhkan sebuah kamera yang canggih di setiap momen pertandingan. Kamera tersebut disebut kamera dolly.
Sistem kamera dolly ini sama halnya dengan kamera biasa, namun kamera ini lebih canggih karena kamera ini bisa berputar mengikuti gerakan atlet angkat besi jadi setiap gerakan atlet angkat besi dapat terekam dengan jelas.
Alat Elektro Timer Olahraga Renang

Alat ini dipasang di kedua sisi dinding kolam renang. Cara kerja alat ini cukup simple yaitu angka kecepatan berenang atlet akan terukur jika touch pad disentuh oleh atlet. Jika atlet tidak menyentuh touch pad artinya atlet tidak berhasil mencapai ujung kolam renang. Alat elektro timer ini memang sangat memudahkan untuk sistem skor di olahraga renang sehingga alat ini telah banyak diterapkan di ajang renang baik nasional maupun internasional.
Instant Review Technology dalam Olahraga Bulu Tangkis

Dalam setiap pertandingan di berbagai cabang olahraga, tentunya setiap atlet membutuhkan keadilan wasit saat penentuan skor. Hal tersebut berlaku juga di pertandingan olahraga bulu tangkis. Untuk menghindari adanya ketidakadilan, cabang olahraga bulu tangkis membuat alat canggih yang disebut dengan instant review technology.
Instant review technology merupakan alat untuk mereview momen pertandingan, dengan alat ini dapat diketahui bola di pertandingan bulu tangkis masuk atau keluartokominiregal.blogspot.com lapangan. Alat ini bertujuan untuk mereview kembali keputusan wasit seadil-adilnya.
Dengan menggunakan instant review technology keputusan yang diambil wasit tidak perlu diragukan lagi, karena alat ini dijamin 100% akurat dan bisa diterima. Instant review technology cocok diterapkan di pertandingan bulu tangkis. Alat ini pertama kali diterapkan di Indonesia Super Series Premier yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 16 Juni 2013, 5 tahun lalu.
Hawk Eye’s SMART Replay Technology

Hawk Eye’s SMART Replay Technology merupakan sistem komputer yang dapat digunakan untuk melacak bola dan menampilkan jalur gerakan bola secara visual.. Teknologi ini dapat diterapkan di berbagai cabang olahraga, seperti olahraga sepakbola, kriket, tenis, bulu tangkis, rugby, bola voli dan hurling.
Skor Terkomputerisasi (Bowling)

Bagi penggemar bowling tentu sudah akrab dengan papan skor setiap kali melakukan pertandingan. Tapi pernahkah Anda membayangkan saat bermain bowling semua hitungan dalam olahraga ini harus dilakukan secara manual?
Bersyukurlah ada skor yang sudah terkomputerisasi. Karena Anda mungkin bisa berhenti dari olahraga ini saat menemukan kesulitan menghitung skor secara manual.
Menghitung skor pada bowling tidaklah mudah, maka digunakanlah komputer yang dapat membantu penghitungan skor dengan akurasi 100 persen.
Seperti halnya seorang akuntan dengan hitung-hitungannya sangat terbantu dengan komputerisasi, demikian pula pada bowling.
Dengan menggunakan skor terkomputerisasi, Anda bisa fokus untuk menggelindingkan bola ke arah pin bowling.
Pistol Radar (Bisbol)

Pistol radar juga menjadi inovasi teknologi dalam olahraga yang cukup fenomenal. Alat ini menjadi penunjang dalam olahraga bisbol. Sebuah alat yang mampu merekam catatan kecepatan bola hasil pukulan pemain.
Bagi para pemukul, pistol radar ini memang lebih sering digunakan untuk menguji kecepatan pukulan mereka saat lemparan pertama dan mengukur kecepatan ayunan pukulan.
Setiap kecepatan dalam lemparan kemudian didokumentasikan dan dianalisis oleh tim pelempar dan pihak lawan.
Pistol radar juga memungkinkan para pitcher (pelempar) dan timnya untuk menganalisis perkembangan lemparan dan kecepatan lemparan yang telah dilakukan.
Penunjuk Waktu Multiwajah (Bola Basket)

Ada satu masa saat papan penunjuk waktu dan skor di bola basket diletakkan di sudut lapangan. Hal ini menjadi masalah ketika papan tidak terlihat karena tertutup oleh para pemain.
Kemudian papan penunjuk waktu dikembangkan dengan meletakkannya di atas ring. Namun hal ini juga menimbulkan masalah pada saat pemain berada pada posisi tembakan tiga angka, tidak ada yang dapat mengetahui waktu yang tersisa karena papan menghadap ke satu arah saja.
Kini, papan penunjuk waktu yang digunakan dibuat dalam bentuk empat atau lima permukaan/wajah. Sehingga waktu yang tersisa untuk mencetak skor dapat dilihat dari semua arah oleh pemain, juri, wasit, maupun penonton.
Kamera di Atas Lapangan (Hoki Es)

Kamera di atas lapangan hoki es mungkin terlihat biasa, namun pemakaiannya membawa perubahan besar pada olahraga ini.
Karena kamera ini bisa membantu ketika terjadi keraguan untuk menentukan gol atau tidak ke dalam gawang.
Menempatkan kamera tepat di atas gawang pada pertandingan hoki dimaksudkan untuk melihat gol, terutama saat detik-detik akhir pertandingan.
Kerumunan pemain hoki es di depan gawang dapat menyulitkan mata manual untuk melihat gol secara jelas.
Di sinilah peran kamera yang ditempatkan tepat diatas gawang. Rekaman hasil pantauan kamera dapat diperbesar dan melihat dapat lebih spesifik, sehingga keputusan gol atau tidak bisa lebih akurat.
Foto Garis Finis (Atletik dan Pacuan Kuda)

Foto garis finis menjadi andalan pada pacuan kuda, lintasan lari, serta beberapa olahraga lapangan.
Pencatat waktu elektronik memang membantu untuk menentukan siapa yang tercepat. Terutama ketika harus memutuskan pemenang dari dua peserta dengan selisih waktu atau jarak yang sangat tipis.
Tim juri akan menggunakan hasil foto garis finis yang mampu merekam 3.000 gambar per detik untuk membantu penentuan pemenang.
Inilah mengapa pada beberapa pertandingan lari atau pacuan kuda beberapa peserta terlihat bersamaan memasuki garis finis namun hanya satu yang keluar sebagai pemenang.
Inovasi teknologi dalam olahraga ini terus berkembang dan digunakan dalam berbagai macam lomba seperti renang, lari jarak pendek, dan terutama lomba pacuan kuda yang memerlukan keakuratan gambar.
Televisi (Golf)

Harus diakui jika tabung kotak yang mengeluarkan suara dan gambar, yang Anda kenal sebagai televisi telah memberikan efek yang sangat besar dalam sejarah olahraga.
Termasuk juga memengaruhi olahraga golf. Televisi membantu golf lebih dikenal oleh masyarakat.
Golf adalah olah raga yang memerlukan konsentrasi tinggi, waktu yang lama, dan lebih banyak dilakukan kalangan atas. Karenanya, ketika televisi mulai menayangkan golf, olahraga ini menjadi lebih dikenal.
Headset (American Football)

Headset adalah teknologi terbaik yang ditawarkan bagi olahraga American Football. Terlepas dari pelatih menggunakannya untuk berkomunikasi atau membantingnya saat kesal karena timnya kalah dalam pertandingan.
Dalam pertandingan profesional, helm untuk penyerang, pemain belakang, dan koordinator lapangan dilengkapi dengan speaker yang terhubung langsung dengan headset pelatih.
Fungsinya adalah untuk menerima arahan langsung dari pelatih dan mengurangi suara-suara yang dapat mengganggu konsentrasi.
Penggunaan headset ini sangat membantu pelatih untuk memberikan arahan bagi para pemain garis depan dan penyerang.
Termasuk, menyusun formasi tim serta kemungkinan peluang mengambil nilai yang tidak dapat terlihat oleh pemain belakang.
Cyclops dan Hawkeye Tracking System (Tenis)

Dua alat pemantau bola yang terhubung dengan komputer ini telah mengubah olahraga tenis profesional menjadi lebih akurat dan menghilangkan argumentasi dalam pengambilan keputusan poin.
Cyclops merupakan sistem komputerisasi yang menggunakan enam baris lampu infra merah yang melingkupi sampai sekitar satu sentimeter dari permukaan lapangan.
Jika bola jatuh di dalam lapangan, barisan lampu di luar lapangan akan otomatis padam. Jika bola jatuh di luar lapangan, akan terdengar suara out dan pertandingan dihentikan.
Sementara hawkeye atau mata elang, punya cara kerja yang terbilang lebih rumit. Sistem ini menggunakan beberapa kamera di beberapa sudut lapangan yang memantau pergerakan bola.
Kamera kemudian mengkalkulasikan posisi jatuhnya bola dalam bentuk 3 dimensi dan menampilkannya pada layar. Sehingga akan terlihat lebih akurat di mana posisi bola jatuh di atas lapangan.
Teknologi Garis Gawang (Sepak bola)

Sepak bola mungkin jauh tertinggal dari olahraga lainnya yang telah menggunakan teknologi garis gawang. NHL sebagai organisasi hoki di Amerika Serikat adalah yang pertama kali menggunakannya pada 1993.
Teknologi garis gawang adalah teknologi dengan sistem menggunakan kamera yang diletakkan di sisi gawang.
Hasil rekaman kamera ini dapat diulang untuk memutuskan apakah bola telah melewati garis gawang atau belum. Dan bisa menghindari argumentasi yang tidak perlu.
Meski demikian, inovasi teknologi dalam olahraga butuh waktu hampir satu dekade untuk digunakan oleh FIFA sebagai otoritas sepakbola dunia. FIFA baru memperkenalkan teknologi ini di ajang Piala Dunia Antarklub 2012 di Jepang.
Baju Renang LZR (Renang)

Terbuat dari campuran bahan spandek, nilon, dan poliester, penampilan para perenang menggunakan baju renang LZR menarik perhatian seluruh peserta Olimpiade Beijing tahun 2008.
Dan tidak diragukan lagi, 98 persen dari perenang peraih medali saat itu menggunakan baju renang LZR ini. Sepanjang kompetisi tahun 2008, LZR telah membantu para perenang memecahkan 97 rekor dunia.
Sayangnya kemudian LZR menghadapi ketidakadilan. Entah atas alasan apa, FINA – lembaga renang dunia, pada Juli 2009 mengumumkan bahwa LZR dilarang untuk digunakan dalam kompetisi.
Setidaknya, pengalaman menggunakan baju renang LZR adalah pengalaman yang tidak terlupakan terutama bagi para perenang dunia di tahun itu.
Martin Jetpack

Alat ini merupakan hasil pengembangan eksperimen dari pesawat udara dan termasuk dalam kategori peralatan VTOL ( Vertical Take-Off and Landing ), bisa diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu lepas landas dan mendarat secara vertikal.
Alat ini digerakkan dengan mesin piston V4 yang berkapasitas 2 liter dan dapat menghasilkan 200 tenaga kuda. Selain itu Martin Jetpack sudah didukung oleh 2 propeler yang berbentuk silinder ( Ducted Fans ). Kecepatannya dapat mencapai 100 KM / jam dan dapat melayang sampai ketinggian 2400 Meter di udara, dengan bahan bakar yang diisi penuh sampai 19 liter dapat menempuh jarak 50 KM. Cara penggunaannya pun hanya dengan menggunakan tuas kontrol yang sudah dilengkapi dengan monitor data aktifitas sistem.
Jetovator

Jetovator dapat dikendalikan dengan mudah jika dibandingkan dengan hydro jet pack lainnya karena dalam mengendarainya tidak perlu pelatihan khusus. Kendaraan ini memiliki selang sepanjang 15,2 meter yang digunakan untuk menghisap air, kemudian disemburkan oleh propeller. Kendaraan ini mempunyai tiga alat pendorong yang berfungsi untuk menyeimbangkan agar berjalan lebih stabil.
Jetovator hanya dapat digunakan di atas permukaan air, jadi alat ini dipastikan akan lebih aman daripada jet pack lainnya. disamping itu, alat ini sudah dilengkapi oleh Suspension Landing Gear yang dapat digunakan untuk lepas landas dan mendarat di sebuah dermaga atau dalam geladak kapal. Jetovator tidak masuk dalam kategori alat trasportasi, karena alat ini diciptakan sebagai alat rekreasi sambil berolahraga.
Jetsurf

Kendaraan ini sudah dilengkapi oleh mesin 1000cc, dan papannya terbuat dari bahan serat karbon, serta dua alat jet air miniatur yang ditempelkan tepat dibelakangnya. Cara penggunaannya dengan berdiri dan dikendalikan oleh berat badan yang mengemudikannya. Jetsurf sudah diproduksi dalam tiga jenis, yaitu Rookie, Ultra Sport dan Pabrik GP 100. Dari ketiga jenis tersebut kecepatannya berbeda-beda. Yang pertama yaitu jenis Rookie mempunyai kecepatan sampai 30 Mph ( 48 Km / Jam ), kendaraan ini diperutukkan bagi yang baru belajar menggunakan jetsurf. Jenis yang kedua yaitu Ultra Sport mempunyai kecepatan sampai 32 Mph ( 51 Km / Jam ), dan yang terakhir adalah jenis Pabrik GP 100 mempunyai kecepatan sampai 35 Mph ( 56 Km / Jam ), Jetsurf jenis ini diperuntukkan khusus untuk para pengguna yang sudah mahir dalam mengendarainya dan sering digunakan untuk balapan.
Quadski

Kecepatan kendaraan ini bisa sampai 70 Km / Jam dan bisa dikemudikan di air atau pun darat. Mesin Quadski diproduksi oleh BMW dan dapat difungsikan untuk memutarkan empat roda dan baling-balingnya. Kendaraan ini dapat digunakan dalam kegiatan yang cukup berat sekalipun karena quadski sudah dilengkapi oleh mesin 4 silinder yang berkapasitas 1300cc dan 16 katub DOHC, serta dibekali juga dengan mesin jetski standar. Kelebihan kendaraan ini yaitu, hanya membutuhkan waktu 5 detik untuk merubah mode darat ke air. Pada saat Quadski dikendarakan di daerah daratan, roda belakangnya akan bergerak dengan sigap secara otomatis, begitupun apabila kendaraan ini menyentuh air, otomatis mesin jetski langsung menyesuaikan ke mode air, dan dapat menjelajahi wilayah perairan tersebut.
Zero Runner

Alat ini diciptakan untuk orang yang ingin lari didalam ruangan. Bentuk Zero Runner sangat fleksibel dan akan menjadikan kegiatan lari menjadi lebih cepat. Apabila gerakan dipercepat, otomatis akan memperkuat otot kaki. Kelebihan lainnya, yaitu dapat menghitung kecepatan, detak jantung dan jarak lari yang ditempuh.
Visiobike

Visiobike masuk kedalam kategori sepeda yang dieksperimen oleh Marko Matenda, beliau adalah seorang pencinta sepeda. Sepeda ini dibuat dengan frame serat karbon, sama seperti sepeda elektrik yang lain, kendaraan ini sudah dilengkapi dengan motor yang berjenis MDF Drive 5.1, dan ditenagai oleh baterai lithium ion 14,5 MAh yang dibuat oleh panasonic. Visiobike dilengkapi dengan sistem drivetrain hybrid yang bernama pedelec. Keunggulan sepeda ini dibandingkan dengan sepeda elektik lainnya yaitu, pedelec bisa membuat tenaga dorong yang dihasilkan lebih besar, pada saat mengendarai di daerah tanjakan. Teknologi tersebut dapat menghitung dan menyesuaikan kecepatan dan torsi menjadi lebih baik sesuai kemampuan pemakainya. Tidak hanya itu, Visiobike sudah dilengkapi peralatan seperti motor elektrik, kamera, baterai, sistem transmisi otomatis, chip GPS dan GSM yang dapat terkoneksi ke chipset in-house. Disamping itu, app smarphone dapat digunakan untuk mengontrol dan mengakses semua informasi penting dari sambungan via Bluetooth
Jam Referee Third Eye

Walaupun alat ini belum digunakan secara resmi dalam pertandingan sepakbola, tetapi seorang desainer handal bernama Andy Kurovert membuat jam khusus untuk wasit sepakbola. Kelebihan alat ini yaitu dilengkapi dengan fitur bluetooth yang berfungsi untuk mengirim sinyal kepada asisten wasit apabila telah terjadi offside, pelanggaran, ataupun telah terjadi penalti. Selain itu, wasit yang memimpin pertadingan dapat melihat kejadiaan di layar jam. Apabila terjadi pelanggaran, lampu akan menyala berwarna merah, jika tidak terjadi pelanggaran lampu akan menyala berwarna hijau. Dan apabila lampu menyala berwarna kuning berarti ada kerusakkan pada alat tersebut. Karena tidak ada yang berwarna kuning.
Goal Line Technology (GLT)

Satu lagi teknologi canggih yang dapat diterapkan dalam pertandingan sepak bola, yaitu Goal Line Technology (GLT). GLT adalah teknologi yang digunakan untuk menentukan bola gol dengan cara mengetahui kondisi bola apakah sudah melewati garis gawang atau tidak.
GLT ini, alat yang dibutuhkan oleh wasit untuk mengesahkan bola gol atau tidak sehingga human error dapat dihindarkan. GLT ini dilengkapi dengan cara memasang kamera pengawas di berbagai sudut stadion yang diarahkan ke gawang. Cara kerjanya jika bola telah melewati garis gawang akan tertangkap sensor yang kemudian dikirimkan ke wasit.
Global Positioning System (GPS)

Tentunya Anda tidak asing dengan kata GPS, betul sekali aplikasi GPS marak diterapkan di smartphone kesayangan Anda karena GPS sangat membantu tokominiregal.blogspot.commenemukan lokasi tujuan yang akan kita kunjungi. Namun, berbeda halnya dengan GPS yang satu ini, GPS ini diterapkan dalam olahraga Kano dan Dayung.
Olahraga Kano dan Perahu Dayung telah menerapkan Global Positioning System (GPS) sejak di Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016. Dengan alat tersebut, memudahkan juri mengetahui posisi Kano dan Perahu Dayung secara pasti. Selain itu, GPS dapat dihubungkan dengan layar besar pada saat pertandingan berlangsung sehingga penonton dapat mengetahui posisi tim Kano dan Perahu Dayung favoritnya.
Sejak GPS ini diuji coba, alat ini mendapat pujian dari para atlet Kano dan Perahu Dayung, karena mereka dapat mengetahui kecepatan tim lawan sehingga dapat melakukan evaluasi untuk perbaikan pertandingan selanjutnya.
Bola Ctrus

Kelebihan bola ini dari bola biasa adalah dapat mengirim sinyal ke wasit melalui perangkat khusus yang digunakan wasit apabila telah terjadi gol. Karena bola ini dilengkapi dengan kamera didalamnya. Tetapi FIFA telah menolak menggunakkan Bola Ctrus ini karena dapat membuat pertandingan sepakbola jadi tidak seru dan merusak keindahan olahraga tersebut.
Sensor Program Skor Otomatis Olahraga Panahan

Program skor otomatis untuk olahraga panahan ini memang sangat membantu wasit, ofisial olahraga panahan dan atlet panahan itu sendiri karena sebelumnya skor panahan ditentukan secara manual bukan otomatis seperti saat ini.
Program skor otomatis ini menggunakan papan skor elektronik tokominiregal.blogspot.comyang sebelumnya menggunakan kertas. Cara kerja program skor otomatis ini menggunakan sensor sebagai alat untuk mendeteksi anak panah yang tertancap di papan target. Dengan cara tersebut pemberian skor untuk olahraga panahan menjadi lebih akurat dan lebih cepat daripada sebelumnya.
Program skor otomatis menghasilkan skor yang akurat dan meminimalisir human errors. Perihal keakuratan skor yang dihasilkan program ini, tidak perlu dipertanyakan lagi karena tingkat akurasinya dapat dideteksi pada jarak 0,2 mm antara anak panah dengan papan target
Teknologi Laser dan Radio Frequency Identification (RFID) di Olahraga Tembak

teknologi laser dan Radio Frequency Identification (RFID).Teknologi laser dan RFID merupakan kecanggihan teknologi yang dapat digunakan untuk menentukan skor di olahraga tembak. Sebenarnya, cara kerja sistem skor di olahraga tembak ini sama dengan olahraga panahan, yaitu menggunakan papan target untuk menilainya. Namun, ada perbedaan jika di olahraga panahan menggunakan sensor di olahraga tembak menggunakan teknologi laser untuk scoring system-nya.
Kamera Dolly untuk Olahraga Angkat Besi

Cabang olahraga angkat besi ini termasuk cabang olahraga yang dinilai paling dramatik karena setiap momen dalam pertandingan angkat besi tidak boleh terlewatkan. Oleh karenanya, olahraga ini membutuhkan sebuah kamera yang canggih di setiap momen pertandingan. Kamera tersebut disebut kamera dolly.
Sistem kamera dolly ini sama halnya dengan kamera biasa, namun kamera ini lebih canggih karena kamera ini bisa berputar mengikuti gerakan atlet angkat besi jadi setiap gerakan atlet angkat besi dapat terekam dengan jelas.
Alat Elektro Timer Olahraga Renang

Alat ini dipasang di kedua sisi dinding kolam renang. Cara kerja alat ini cukup simple yaitu angka kecepatan berenang atlet akan terukur jika touch pad disentuh oleh atlet. Jika atlet tidak menyentuh touch pad artinya atlet tidak berhasil mencapai ujung kolam renang. Alat elektro timer ini memang sangat memudahkan untuk sistem skor di olahraga renang sehingga alat ini telah banyak diterapkan di ajang renang baik nasional maupun internasional.
Instant Review Technology dalam Olahraga Bulu Tangkis

Dalam setiap pertandingan di berbagai cabang olahraga, tentunya setiap atlet membutuhkan keadilan wasit saat penentuan skor. Hal tersebut berlaku juga di pertandingan olahraga bulu tangkis. Untuk menghindari adanya ketidakadilan, cabang olahraga bulu tangkis membuat alat canggih yang disebut dengan instant review technology.
Instant review technology merupakan alat untuk mereview momen pertandingan, dengan alat ini dapat diketahui bola di pertandingan bulu tangkis masuk atau keluartokominiregal.blogspot.com lapangan. Alat ini bertujuan untuk mereview kembali keputusan wasit seadil-adilnya.
Dengan menggunakan instant review technology keputusan yang diambil wasit tidak perlu diragukan lagi, karena alat ini dijamin 100% akurat dan bisa diterima. Instant review technology cocok diterapkan di pertandingan bulu tangkis. Alat ini pertama kali diterapkan di Indonesia Super Series Premier yang diselenggarakan pada tanggal 10 – 16 Juni 2013, 5 tahun lalu.
Hawk Eye’s SMART Replay Technology

Hawk Eye’s SMART Replay Technology merupakan sistem komputer yang dapat digunakan untuk melacak bola dan menampilkan jalur gerakan bola secara visual.. Teknologi ini dapat diterapkan di berbagai cabang olahraga, seperti olahraga sepakbola, kriket, tenis, bulu tangkis, rugby, bola voli dan hurling.
Comments
Post a Comment