Skip to main content

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif tumbuhan adalah perkembangbiakan secara seksual atau kawin yang dilakukan oleh tumbuhan berbiji. Proses perkembangbiakan ini diawali dari penyerbukan kemudian pembuahan. Karena dilakukan secara seksual maka tumbuhan berbiji juga memiliki alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Penyerbukan merupakan peristiwa jatuhnya serbuka sari pada kepala putik dan pembuahan adalah proses peleburan gamet betina dan gamet jantan.

Alat Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan
Tumbuhan biji tertutup berkembangbiak secara seksual tentu memiliki alat kelamin tetapi sebelum membahas alat kelamin pada tumbuhan sebaiknya membahas tentang bunga karena proses reproduksinya ditandai dengan munculnya bunga. Perlu Anda ketahui bahwa bunga terbagi atas beberapa jenis berdasarkan kelengkapan bagian bunga dan kelengkapan alat kelamin bunga. Berikut penjelasannya.

Jenis Bunga Berdasarkan Kelengkapan Bagian Bunga
Bunga lengkap adalah bunga yang mempunyai bagian bunga dari kelopak, mahkota, benang sari hingga putik atau bunga yang mempunyai seluruh bagian bunga. Contoh bunga lengkap adalah tembakau, mawar, bunga sepatu dan lain – lain.  Bunga tidak lengkap adalah bunga yang tidak mempunyai salah satu bahkan beberapa bagian bunga yang disebutkan di atas. Contohnya seperti bunga kelapa, bunga kamboja.

Jenis Bunga Berdasarkan Kelengkapan Alat Kelamin
Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki dua jenis alat kelamin yakni benang sari (alat kelamin jantan) dan putik (alat kelamin betina).
Bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki satu jenis alat kelamin antara benang sari dan putik.

Bagian-Bagian Bunga
Untuk lebih mengenal bunga, simak penjelasan mengenai bagian – bagian bunga berikut ini.


Perhiasan bunga
Perhiasan bunga terdiri dari kelopak dan mahkota bunga. Kelopak bunga terletak pada dasar bunga dan terhubung dengan tangkai bunga. Kelopak bunga yang terletak paling luar berfungsi untuk melindungi bunga, Kita dapat menemukan kelopak bunga saat bunga dalam keadaan kuncup dan saat mekar. Tetapi setelah mekar kelopak bunga akan gugur dengan sendirinya dalam waktu tertentu. Kelopak bunga memiliki berbagai bentuk dan warna yang memberikan keindahan pada bunga dan yang membedakannya dengan jenis bunga lain.
Jika kelopak bunga terletak pada bagian luar, mahkota bunga terletak pada bagian dalam. Mahkota bunga berfungsi sebagai penarik perhatian serangga untuk melakukan penyerbukan, sebagai tempat sserangga menghisap madu dan sebagai pelindung alat kelamin berupa benang sari serta putik.
Dasar Bunga
 
Dasar Bunga adalah tempat melekatnya mahkota bunga dan berada pada bagian ujung tangkai bunga.

Tangkai Bunga

Tangkai Bunga adalah bagian bunga yang menghubungkan batang dengan bunga.

Benang Sari

Benang sari atau stamen adalah alat kelamin jantan pada bunga yang menghasilkan sel kelamin jantan yaitu sel sperma (spermatozoid). Benang sari terdiri dari tangkai sari dan kepala sari yang menjadi tempat pembentukan serbuk sari.




Putik

Putik atau pistil adalah alat kelamin betina pada bunga yang menghasilkan sel kelamin betina yaitu sel telur (ovum). Putik terletak ditengah bunga serta dikelilingi oleh banyak benang sari terdiri dari kepala putik, tangkai putih dan bakal buah. Kepala putik atau stigma merupakan tempat terjadinya penyerbukan yang memiliki bulu-bulu halus dan berlendir untuk menangkap serbuk sari. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji yang memiliki dua inti yakni calon lembaga dan sel telur.


Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan Biji Tertutup

Perkembangbiakan Generatif Pada Tumbuhan biji tertutup diawali dengan penyerbukan yaitu proses atau peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Serbuk sari mengandung spermatozoid atau sel kelamin jantan yang terdapat pada kepala sari. Setelah proses penyerbukan, serbuk sari masuk ke dalam bakal biji yang terdapat pada bagian sel kelamin betina. Sel kelamin betina pada tumbuhan disebut putik yang terdiri dari kepala putik, tangkai putih dan bakal buah yang memiliki satu bahkan lebih bakal biji.
Setelah proses pembuahan maka akan terbentuk zigot yang berkembang menjadi lembaga yang di dalamnya terdapat beberapa inti berupa sel kelamin betina atau sel ovum yang kemudian menjadi bakal biji. Bakal biji kemudian menjadi biji. Bakal buah akan bertumbuh menjadi daging buah. Di dalam buah terdapat biji yang akan menjadi calon tumbuhan baru jika ditanam pada daerah atau media tanam yang sesuai dengan jenisnya.
Jenis-Jenis Penyerbukan
Dalam perkembangbiakan tumbuhan secara generatif terdapat proses penyerbukan.
Jenis penyerbukan berdasarkan asal serbuk sarinya

1. Penyerbukan Sendiri atau Autogami


Penyerbukan sendiri adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik dengan sendirinya yang hanya dapat dilakukan oleh bunga lengkap. Terdapat faktor – faktor yang menghalangi penyerbukan sendiri yaitu sebagai berikut.
Dioseus atau berumah dua yaitu satu individu hanya memiliki satu jenis alat kelamin dan jenis alat kelamin lainnya terdapat pada individu lain.
Dikogami adalah perbedaan dalam waktu masaknya benang sari dan putik. Protandri adalah sebutan jika benang sari lebih dulu masak dan protogini adalah sebutan jika putik lebih dulu masak dari benang sari.
Herkogami merupakan kondisi dimana bunga tidak memungkinkan serbuk sari jatuh di kepala putik.
Heterostili merupakan kondisi dimana bunga memiliki benang sari dan tangkai putik yang tidak sama panjang.

2. Penyerbukan Tetangga atau Geitonogami


Penyerbukan tetangga adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain yang masih dalam satu pohon atau satu tumbuhan tersebut.




3. Penyerbukan Silang atau Alogami


Penyerbukan silang adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain. Bunga tersebut bunga yang berbeda tumbuhan atau pohon tetapi masih satu jenis.




4. Penyerbukan Bastar atau Hybrid


Penyerbukan bastar adalah proses jatuhnya serbuk sari ke kepala putik bunga lain yang sudah berbeda jenis.






Jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya

1. Penyerbukan Oleh Air


Penyerbukan oleh air merupakan penyerbukan yang umumnya terjadi pada tumbuhan yang habitatnya di air. Prosesnya adalah ketika terjadi hujan maka air hujan yang turun dapat mengenai serbuk sari. Kemudian apabila air hujan yang mengandung serbuk sari jatuh ke kepala putik maka terjadilah penyerbukan yang dibantu oleh air. Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh air adalah Hydrill.

2. Penyerbukan Oleh Angin

Bunga yang penyerbukannya dibantu oleh angin mempunyai bunga yang tidak berwarna, tidak memiliki kelenjar madu, memiliki serbuk sari yang banyak juga mudah diterbangkan oleh angin, kepala sari besar dan tangkai sari panjang hingga dapat bergoyang ketika diterpa angin, ada yang tidak memiliki mahkota, memiliki putik berbulu dan panjang yang terentang ke luar. Contoh tumbuhan yang dibantu penyerbukannya oleh angin adalah rerumputan, jagung, kelapa.

3. Penyerbukan oleh Hewan

Bunga yang penyerbukannya dibantu oleh hewan mempunyai daya tarik berupa mahkota bunga yang berwarna – warni hingga mencolok, mengeluarkan bau harum yang khas dan berukuran besar. Selain itu, bunga dengan penyerbukan oleh hewan dapat menghasilkan nektar sehingga menarik hewan untuk menghampirinya, mempunyai kelenjar madu, memiliki serbuk sari berlendir yang lengket sehingga menempel pada tubuh hewan.
Umumnya hewan yang membantu penyerbukan adalah serangga yaitu kupu – kupu dan lebah. Selain itu bisa juga kelelawar dan burung Contoh tumbuhan yang penyerbukannya dibantu oleh hewan adalah durian, kamboja.
Berdasarkan jenis hewannya, penyerbukan dibagi lagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut :
Entomogami yaitu penyerbukan dengan bantuan serangga seperti kumbang bunga, lalat, kupu – kupu.
Kiropterogami yaitu penyerbukan dengan bantuan hewan bersayap selaput tangan seperti kelelawar.
Makalogami yaitu penyerbukan dengan bantuan siput.
Ornitogami yaitu penyerbukan dengan bantuan burung.

4. Penyerbukan Oleh Manusia

Penyerbukan oleh manusia juga disebut penyerbukan buatan karena pada umumnya tumbuhan yang dibantu penyerbukannya dibutuhkan oleh manusia. Contoh penyerbukan yang dibantu oleh manusia adalah bunga anggrek, vanili, salak. Untuk bunga salak dan vanili, penyerbukannya dilakukan dengan menempelkan bunga jantan dengan serbuk sari yang telah dipetik dengan bunga betina yang sudah matang atau masak.


Contoh Cara Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan
Berikut adalah penjelasan mengenai contoh cara perkembangbiakan generatif pada tumbuhan.

Konjugasi

Merupakan proses transfer bahan genetik berupa plasmid F+ dan mikronukleus dari satu individu ke individu lainnya. Plasmid F+ dapat ditemukan pada bakteri dan mikronukleus dapat ditemukan pada Protozoa. Proses konjugasi dimulai dengan pembentukan berkas – berkas yang bergerak saling berdekatan kemudian membentuk tonjolan. Dari kedua ujung tonjolan tersebut akan membentuk saluran konjugasi yang akan mengalir protoplasma dari satu sel ke sel lainnya.

Isogami
Merupakan penyatuan dua gamet yang tidak berbeda secara morfologis. Satu isogamet dapat bersatu dengan gamet lainnya jika kedua gamet secara genetik memiliki perbedaan pada ketiga lokus polimorf.

Anisogami
Anisogami yaitu terjadinya peleburan gamet – gamet yang memiliki ukuran dan motilitas yang berbeda.


























Comments

Popular posts from this blog

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI

MENGANALISIS KARYA SENI RUPA 2 DIMENSI BARONG & LEAK ·       Karya : Afandi (1980) ·       Fungsi  : sebagai hiasan dalam ruangan dan merupakan  bagian seni kebudayaan dari Masyarakat Bali, dimana Barong dan Leak adalah filosofi bagaimana bertolak belakangnya antara kebaikan dan kejahatan. Lukisan ini juga sebagai saluran imajinasi pelukis. ·       Media Alat dan Bahan  :  Oil on Canvas .  Cat Minyak diatas canvas adalah bahan yang paling populer, dan biasa digunakan dalam melukis, karena pemakaian yang mudah diaplikasikan serta hasil lukisanya bisa digunakan dalam berbagai tehnik gaya lukisan, halus ataupun bertekstur. Bahan melukis ini berbasis minyak, dan memiliki tingkatan kualitas mulai dari kualitas normal hingga kualitas tinggi, dan dibedakan dengan harga. Baik pelukis pemula atau pelukis handal, sering menggunakan bahan material cat minyak dan canvas sebagai media pilihan untuk melukis. Alat pendukung lainnya dapat berupa pisau lukis, kain lap, easel, d

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA

PENGORGANISASIAN PRINSIP SENI RUPA 1. Kesatuan ( Unity ) Prinsip Kesatuan ( Unity ) adalah wadah unsur-unsur lain di dalam seni rupa sehingga unsur-unsur seni rupa saling berhubungan satu sama lain dan tidak berdiri sendiri. Sehingga unsur seni rupa akan bersatu padu dalam membangun sebuah komposisi yang indah, serasi, dan menarik. Prinsip kesatuan merupakan bahan awal komposisi karya seni. 2.  Keseimbangan ( Balance ) Prinsip keseimbangan berhubungan dengan berat ringan nya suatu karya seni. Karya seni diatur agar mempunyai daya tarik yang sama di setiap sisinya. Prinsip keseimbangan ini memberikan pengaruh besar pada kesan suatu susunan unsur-unsur seni rupa. Balance bisa dibuat secara  formal/simetris  dan dengan  informal/asimetris  serta keseimbangan  radial/memancar . Terdapat 4 jenis keseimbangan, yaitu: Keseimbangan Sentral (Terpusat) Keseimbangan Diagonal Keseimbangan Simetris Keseimbangan Asimetris 3. Irama ( Rythme ) Irama atau  Ryhme  merupakan

Pengertian Tanah dan macam-macam tanah

Pengertian Tanah Tanah Pengertian Tanah adalah suatu bagian atau tempat yang terdapat pada kerak bumi yang tersusun atas mineral dan juga terdiri dari bahan-bahan organik dan anorganik. Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Para ahli Fisika-Kimia dan Geologi mendefinisikan tanah sebagai berikut : Menurut M. Isa Darmawijaya Tanah merupakan akumulasi alam bebas yang menduduki sebagian planet bumi yang mampu menumbuhkan tumbuhan dan memiliki sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induknya dalam keadaan relief tertentu selama jangka waktu tertentu. Menurut James “1995” Tanah ialah salah satu sistem bumi, yang bersama dengan sistem bumi lainnya, yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem. Menurut Bremmer “1958” Tanah merupakan bagian permukaan kulit bumi yang dijadikan oleh pelapukan kimia dan fisik serta kegiatan berbagai tumbuhan dan hewan. Menurut E. Saifudin Sarief “1986” Tanah ialah bend